Purworejo

Purworejo : Sawah Kebanjiran, Produksi Gabah Turun

Porjo | Kamis, 31 Oktober 2013 - 07:31:20 WIB | dibaca: 123 pembaca

PURWOREJO - Petani padi di sejumlah desa Kecamatan Grabag yang sawahnya kebanjiran akibat luapan Sungai Lereng I, mengeluhkan turunnya produksi. Penurunan bahkan mencapai 40 persen dibanding kondisi normalnya.
  
Petani di Desa Dudu Wetan, Sri Pantes (38) mengatakan, seperenam hektare sawah tergenang hanya mampu menghasilkan tidak lebih dari delapan kuintal gabah. "Padahal kalau sawah kering atau tidak tergenang, bisa 1,2 ton. Ada ratusan hektare sawah tergenang, kalau dihitung, penurunan produksinya sangat banyak," ucapnya kepada KRjogja.com, Rabu (30/10/2013).
  
Menurutnya, penurunan akibat air selalu menggenang sejak padi ditanam hingga dewasa. Padi bukan tanaman air, kendati butuh dalam jumlah banyak, tetap memerlukan areal yang kering.
  
Selain itu, penurunan produksi akibat banyaknya gabah yang hilang saat proses perontokan. "Saat dirontokkan dan dipisah dari jerami, banyak yang ikut terbuang karena gabah basah menempel pada kotoran. Kami pasrah saja dan mensyukuri karena masih diberi kesempatan panen padi," terangnya.(Jas)









Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar